Pada tanggal 10-13 April 2019, Yayasan Kappala Indonesia bersama dengan Sampoerna Indonesia dan Magister Manajemen Bencana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta mengadakan Pelatihan untuk Pelatih (TOT) Kesiapsiagaan Bencana dengan tema “Perempuan Menjadi Guru Siaga Bencana, Rumah Menjadi Sekolahnya”. Acara ini dilaksanakan untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional.

Pelatihan ini dilaksanakan di SMK Lando Bulili, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Pelatihan ini dilaksanakan guna membangun ketangguhan masyarakat terutama mereka yang memiliki aktifitas di sekolah. Serta, melaksanakan simulasi penanggulangan bencana sebagai sinergitas semua unsur pelaku penanggulangan bencana sebagai upaya pengurangan risiko bencana. Simulasi ini dilaksanakan pada tanggal 25 April 2019.

Total peserta baik pada pelatihan maupun simulasi evakuasi bencana diikuti oleh 30 orang peserta. Di akhir pelatihan, peserta menentukan berapa orang yang akan mereka ajak untuk sadar bencana. Semua sepakat untuk terlibat dalam menyadarkan orang lain. Jumlah yang akan dididik adalah 406 orang yang dibagi tiap-tiap peserta pelatihan. Hal ini menunjukkan antusiasme peserta dalam mengikuti Pelatihan untuk Pelatih Kesiapsiagaan Bencana ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.